Kemitraan Ekonomi akan Tingkatkan Hubungan Perdagangan Indonesia-Uni Eropa

By Admin

nusakini.com--Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi laksanakan pertemuan bilateral dengan High Representative for Foreign Affairs and Security Policy / Vice-President of the European Commission (HRVP), Federica Mogherini, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-71 di New York (23/9).  

Pertemuan tersebut secara umum membahas peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Uni Eropa, termasuk membahas persiapan perundingan RI-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA). I-EU CEPA diharapkan dapat meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia-UE secara signifikan di masa mendatang. Putaran pertama perundingan I-EU CEPA akan dilaksanakan mulai awal tahun 2017. 

Pertemuan bilateral juga membahas isu-isu global yang menjadi perhatian bersama termasuk kerja sama di kawasan yaitu ASEAN-EU yang pertemuan akan segera dilaksanakan. Menlu RI dan HRVP UE juga membahsa upaya untuk meningkatkan kerja sama penanggulangan terorisme lewat upaya-upaya de-radikalisasi, dialog antar keyakinan dan peningkatan kapasitas institusi pemerintah yang bergerak di bidang penanggulangan terorisme.(p/ab)